4 Cara Meningkatkan Bakat Menulis yang Mudah Dilakukan

Saya suka melihat orang yang susah ketika ada tugas untuk menulis, baik itu menulis cerpen, bahkan surat cinta. Sebenarnya setiap orang mempunyai bakat menulis, namun yang membuat dia tidak bisa merangkai kata - kata atau menulis adalah belum terbiasa.

Nah karena Saya adalah seorang pelajar sma dan suka nulis di blog. Pasti sudah terbiasa untuk menulis. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi sedikit cara yang bisa meningkatkan bakat menulis Anda.

meningkatkan bakat menulis


Cara Meningkatkan Bakat Menulis


Baiklah, simak artikel di bawah ini

1. Mencari Ilmu


Ilmu yang Saya maksud disini bukan hanya ilmu pelajaran sekolah, karena jujur Saya adalah seorang pelajar yang kurang menguasai ilmu di sekolah. Nah mencari ilmu sangatlah penting, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, seperti :

Membaca


Kenapa membaca ? Karena dengan membaca bisa menambah pengetahuan kita, dan bisa kita jadikan referensi lalu dikembangkan kembali.

Saya adalah seseorang yang suka di bidang IT, seperti ngeblog. Oleh karena itu, Saya sering sekali membaca artikel seputar tutorial blogging, seperti di PanduanIM, Blog Mas Sugeng, dan lain - lain.

Membaca bukan hanya dengan buku, karena sekarang sudah maju, ada banyak media yang bisa kita baca, seperti di internet, majalah, koran, bahkan televisi.

Melihat


Di zaman modern ini, banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk menambah wawasan. Contoh nya Youtube, disana banyak sekali video yang sangat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita.

Selain seorang blogger, Saya juga suka membuat film pendek atau video - video lainnya. Tentu dalam masalah pengeditan akan sangat sulit jika tidak ada yang mengajarkan. Oleh karena itu, biasanya Saya suka menonton video di channel Daunnet, ANGR, Chung Dha untuk menambah ilmu editing Saya.

Mengobrol


Nah yang satu ini lebih enak, karena jika mengobrol akan sangat mudah untuk menanyakan mengenai suatu hal sampai ke akar - akarnya. Carilah orang yang bisa membagikan ilmu kepada orang lain.

Baca Juga : 3 Situs yang Terbukti Membayar Mahal Para Penulis

Biasanya Saya suka chatting di Facebook dengan para suhu Blogger Indonesia. Jangan malu - malu untuk menanyakan sesuatu, dan perhatikan pula bahasa yang kita gunakan, kita harus sopan.

2. Mulai Menulis


Setelah mendapatkan cukup banyak ilmu dan referensi. Mulai lah untuk menulis, jangan terus - terusan menghapus jika Anda merasa tulisannya ngawur. Biarkan saja, karena dengan tulisan ngawur tersebut kita bisa melihat dimana kekurangan yang harus diperbaiki.

3. Berpikir Bahwa Semua Hal Itu Penting


Saya suka berpikir seperti itu, semua hal itu penting dan orang harus tahu hal tersebut. Namun bukan artian bahwa aib juga harus diketahui orang.

Dalam kehidupan sehari - hari Saya selalu mencari suatu hal untuk mengatasi permasalahan, biasanya lewat internet. Misalnya ketika Saya ingin install ulang laptop, karena di sekolah tidak belajar mengenai itu, akhirnya Saya searching dan ketemulah misalnya Cara Membuat Bootable dari Flashdisk.

Nah setelah Saya berhasil memecahkan masalah tersebut, biasanya Saya suka menulis kembali dengan bahasa yang berbeda dan membagikannya kepada orang lain.

4. Terus Menulis


Ketahuilah bahwa bakat akan muncul dan berkembang ketika seseorang terus berusaha. Jadi untuk meningkatkan bakat menulis, terus dan teruslah untuk menulis, apapun itu pembahasannya. Saya suka mendengar kata - kata dari guru

"Bisa karena terbiasa..."

Begitulah cara untuk meningkatkan bakat menulis yang biasa Saya lakukan, sebenarnya sangat mudah dilakukan di zaman modern ini. Namun yang menjadikannya sulit adalah kemalasan yang merajalela

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel