Tips Sederhana Mengatasi Index Blog Turun Drastis

index blog turun

Index Blog Turun ? Tentu hal tersebut sangat merugikan, karena itu berarti bahwa artikel yang tadinya terindeks oleh mesin pencari (Google) sudah tidak terindeks lagi. Hal ini pernah Saya alami di salah satu blog Saya. Untuk mengetahui dan mencoba melakukan pengindeksan terhadap mesin pencari, Anda bisa menggunakan Google Webmaster Tool.


Apa itu Google Webmaster Tool ?



Google webmaster tool merupakan alat yang dirancang google khusus bagi pengembang situs. Dengan bantuan tool ini, kita bisa melihat informasi - informasi situs kita. Seperti informasi crawl, index, search trafik, dan lain - lain. Index blog turun juga bisa kita ketahui dari webmaster ini.

Jadi semua situs harus terdaftar ke google webmaster tool, jika Anda masih belum mendaftarkannya silahkan baca artikel : Cara Terbaru Daftar dan Verifikasi Blog ke Webmaster Tools

Nah pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi sedikit pengalaman untuk mengatasi index blog turun secara drastis yang berdampak juga ke turunnya trafik blog.

Penyebab Index Blog Turun


Sebelum ke cara mengatasinya, terlebih dahulu Anda harus tahu hal - hal yang menyebabkan index blog turun, supaya kita bisa mencegahnya.

1. Jarang Update Artikel


Hal ini pernah Saya alami di salah satu blog pendidikan. Saat itu Saya terlalu sibuk untuk mengurus blog ini, sehingga blog - blog lainnya terabaikan. Akhirnya salah satu blog mengalami penururan index.

Entah apa alasannya, tapi mungkin robot google tidak menemukan ativitas (update artikel) dalam jangka waktu yang lama dan menganggap bahwa blog tersebut sudah tidak dikelola.

2. Artikel Jadul


Artikel jadul yang Saya maksud disini adalah sebuah artikel yang menambahkan tahun di akhir judul nya, misal :

Harga Pesawat Terbang Terbaru 2018

Artikel tersebut mungkin bisa masuk page one pada saat masih tahun 2018. Namun jika sudah berganti tahun, sangat besar kemungkinan artikel tersebut tidak masuk page one lagi. Hal tersebut sangat jelas, karena google akan memberikan artikel terupdate kepada para pembaca

3. Blog Kurang Sehat


Menjadi seorang blogger bukanlah hanya menulis dan menulis, kita harus menjaga kesehatan blog supaya bisa berkembang dengan pesat. Biasanya index blog turun karena kesehatan blog yang buruk, seperti banyak nya link not found atau 404. Hal tersebut sangat mempengaruhi terhadap turunnya index blog.

4. Salah Memasukkan Sitemap


Supaya artikel blog bisa diindex, tentu kita harus memasukkan sitemap di webmaster tool dengan benar. Sitemap yang menurut Saya bagus untuk platform blogger yaitu sitemap.xml. Namun jika Anda salah atau bahkan belum memasukan sitemap sama sekali, tentu index blog akan turun.

Untuk cara memasukkan sitemap, silahkan masuk ke artikel dibawah ini dan lihat di point pertama

Baca Juga : Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google Menggunakan Webmaster

Mungkin itulah beberapa penyebab index blog turun, mari kita lanjut kabagian selanjutnya

Mengatasi Index Blog Turun


1. Terbitkan Artikel Secara Konsisten


Hal ini sangat penting, supaya robot google mendeteksi bahwa ada aktivitas di blog tersebut. Jadi usahakan untuk menerbitkan artikel secara konsisten, tidak usah setiap hari juga. Anda bisa menerbitkan artikel misalnya seminggu sekali.

2. Update Artikel Jadoel


Jika Anda mempunyai artikel yang hanya berlaku untuk beberapa saat, seperti artikel yang menambahkan tahun di akhir judulnya. Cobalah untuk mengupdate artikel tersebut lalu fetch as ulang di webmaster tool.

3. Perhatikan Kesehatan Blog


Seperti apa yang tadi Saya bilang, bahwa kesehatan blog harus dijaga supaya blog bisa berkembang dengan pesat. Ada beberapa hal yang harus Anda rawat, diantaranya yaitu :

Page Not Found (404)


Page not found biasanya terjadi ketika ada yang mengunjungi halaman yang sebenarnya sudah tidak ada di blog, bisa karena dihapus atau apa. Jadi selaku pemilik blog kita harus menghapus page not found tersebut, supaya bisa mengatasi index blog turun. Silahkan masuk ke artikel : Cara Jitu Menghapus Error 404 Page Not Found Secara Permanen

Menjaga Internal dan Eksternal Link


Perlu diketahui bahwa setelah update nya Algoritma Fred, google sangat memperhatikan internal dan eksternal link yang ada di blog, seperti halnya backlink. Anda harus menjaga internal dan eksternal link pada blog, jangan ada link yang berasal atau menuju ke situs terlarang, seperti situs porno. Melainkan harus berasal dari blog yang berkualitas

Jika hal ini terjadi, mungkin akan berdampak pada index blog turun. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasi nya dengan memanfaatkan fitur Disavow Link di google webmaster.

Disavow Link bisa menangkal atau mencegah blog dari berbagai link yang masuk atau keluar yang malah membawa dampak buruk terhadap blog. Silahkan baca artikel : Cara Ampuh Memblokir Backlink Negatif dengan Google Disavow

Memeriksa Broken Link


Broken link atau link mati adalah ketika link eksternal yang kita masukkan tidak bisa diakses lagi. Hal tersebutlah yang menjadikan broken link dan berdampak ke index blog menjadi turun.

Jika kita memeriksa satu persatu link, tentu akan sangat lama. Namun Anda bisa menggunakan Online Broken Link Checker. Jika masih bingung cara nya, silahkan masuk ke artikel :

Penutup


Jadi itulah pengalaman Saya saat mengatasi index blog turun atau lama naik. Memang untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus tetap berusaha dan bersabar. Hal ini sangat benar - benar dialami oleh Saya sendiri

index blog turun

Gambar diatas Saya ambil pada tanggal 7 Maret 2018, disana terlihat bahwa index blog turun. Ini terjadi karena Saya belum tahu bahwa harus remove 404, jadi Saya mengabaikan jika terdapat error tersebut.

Namun setelah baca sana - sini dan mendapatkan tips untuk mengatasinya, akhirnya Saya mulai kembali untuk merawat blog ini, dan hasilnya cukup memuaskan.

index blog turun

Setelah kurang lebih 1 bulan, index blog kembali naik. Seperti gambar diatas yang Saya ambil pada tanggal 11 April 2018.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel