Cara Mengatasi IndiHome Lampu LOS Merah Kedap - Kedip

IndiHome merupakan internet rumahan (WiFi) yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, karena sekarang indihome ini sudah masuk ke pedesaan. Namun tidak menutup kemungkinan, namanya juga jaringan internet pasti tidak selamanya lancar. Ada beberapa kendala yang biasanya terjadi, salah satu nya yaitu lampu los kedap - kedip merah. 

Seperti apa yang telah Saya jelaskan di artikel : Mengetahui Arti Lampu Indikator di Modem Fiber Optik bahwa menyalanya lampu los merah yaitu pertanda ada gangguan di kabel optiknya. Bisa karena putus di gigit tikus atau karena faktor lainnya.

Tapi tenang saja, kali ini Saya akan memberikan informasi untuk cara mengatasi indihome los tersebut. Artikel ini Saya buat berdasarkan pengalaman Saya berlangganan indihome.

Jadi beberapa bulan kebelakang Saya pasang Indihome dengan jarakpenarikan kabel sejauh 350m dari ODP terdekat (lumayan jauh). Setelah beberapa hari berjalan dengan lancar dan aman. Namun ketika ada hujan besar, tiba - tiba indihome Saya tidak jalan dan pas di lihat, lampu los merah kedap - kedip. Kejadian ini terulang kembali di bulan yang sama.

Baca Juga : Cara Hide SSID WiFi IndiHome dengan Mudah

Gambar dibawah ini adalah kejadian saat dimana indihome mengalami los dengan menyalanya lampu los merah serta kedap - kedip


Ada dua cara yang biasa Saya lakukan untuk mengatasi indihome lampu los merah kedap - kedip tersebut, yaitu :


1. Mandiri


Biasanya Saya mengatasi indihome los ini dengan tangan sendiri. Karena arti lampu los merah kedap - kedip itu ada gangguan di kabel fiber optiknya. Anda bisa mencabut kabel tersebut yang berada di bagian bawah modem. Lalu gosokkan ujung kabel ke kain (baju) dan diamkan beberapa menit. Setelah itu masukkan kembali kabel optiknya ke modem.

Jika berhasil maka lampu los tidak akan kedap - kedip merah lagi. Namun jika belum berhasil, coba lakukan cara ini 2 sampai 3 kali.


2. Lapor


Jika dengan tangan sendiri masih belum berhasil, jangan khawatir karena pihak Telkom sudah mempunyai banyak teknisi yang siap melayani semua pelanggannya.

Silahkan lapor keluhan Anda ke 147, jika memanggil dengan nomer HP jadi 021147. Disini Anda bisa melaporkan berbagai keluhan, salah satunya keluhan internet tidak jalan karena lampu los merah kedap - kedip.

Saya biasa melakukan cara kedua ini dan beberapa menit setelah melapor ke 147, biasanya ada teknisi dari plasa telkom terdekat yang menghubungi Anda dan menanyakan keadaannya lagi.

Baca Juga : Batasan Kecepatan Internet Fair Usage Policy (FUP) IndiHome Terbaru

Jika masalah lampu los menyala dari pusat, biasanya tidak akan ada teknisi datang ke rumah. Namun jika ada masalah di kabel optik kita, teknisi akan segera datang untuk mengatasinya.

Jadi itulah dua cara yang biasa Saya lakukan untuk mengatasi indihome los. Ketahuilah bahwa penarikan kabel yang terlalu panjang, akan lebih sering mengalami los. Karena semakin panjang penarikan kabel, akan semakin besar redamannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan masuk ke Tips IndiHome Lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel