Cara Jitu Melakukan Promosi di Facebook

promosi di facebook

Promosi di Facebook - Promosi merupakan kegiatan pemasaran atau memperkenalkan sesuatu kepada orang lain. Salah satu promosi yang bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan cara melakukan promosi di sosial media seperti di Facebok.

Kenapa Facebook ?

Karena Facebook merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dan perlu Anda ketahui bahwa Indonesia mendapatkan urutan keempat untuk negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia yaitu dengan jumlah populasi sekitar 120 juta jiwa dan jumlah pengguna aktif sekitar 45 juta jiwa.

Oleh karena itu, promosi di Facebook akan sangat menguntungkan jika Anda tahu caranya. Nah pada kesempatan kali ini Saya akan membahas mengenai Cara Jitu Melakukan Promosi di Facebook.

Mari simak artikel ini dan jangan lupa sediakan secangkir kopi untuk menemani literasi Anda.


Mencari Audiens yang Cocok



audience

Perlu diketahui bahwa para pengguna aktif di Facebook itu tujuan utamanya bukan untuk membeli suatu barang. Melainkan mereka hanya ingin berinteraksi dengan teman atau pengguna Facebook lainnya seperti berkomentar, melihat foto - foto, dll. Jadi yang pertama kali harus Anda pikirkan yaitu mencari audiens yang cocok

Karena misalnya kita tidak mungkin menjual sebuah jersey Barcelona kepada orang yang suka dengan Real Madrid.

Intinya, Anda jangan terburu - buru melakukan promosi sana - sini tanpa memikirkan siapa yang akan melihatnya. Hal tersebut cuma akan menyianyiakan waktu saja.


Melakukan Update Status



Setelah beres mencari Audiens yang cocok, langkah selanjutnya Anda bisa melakukan promosi dengan update status, bisa menggunakan akun pribadi atau akun khusus untuk promosi. 

Tentu dalam melakukan update status ada beberapa tips, yaitu :


#1 Memberikan Caption yang Menarik



Dalam melakukan promosi di sosial media seperti Facebook, tentu caption yang kita gunakan saat update status harus yang menarik.

Karena dengan menggunakan caption yang menarik bisa membuat orang pensaran terhadap status tersebut.

Misalnya...

"Jersey terbaik menggunakan bahan berkualitas, dengan harga mulai dari 100 ribuan..."


Jadi intinya, buatlah caption yang dapat memikat orang.


#2 Tambahkan Gambar pada Status


facebook page

Gambar dalam melakukan promosi di facebook tentu sangat penting. Karena dengan adanya gambar pada suatu status akan membuat orang melihat - lihat dulu dan lebih percaya.

Namun perlu diperhatikan, bahwa gambar yang ditambahkan yaitu gambar yang berkualitas, jangan gambar yang buram


#3 Tambahkan Kontak pada Status



Jangan lupa untuk menambahkan kontak pada status promosi Anda.

Seperti contoh, jika menjual suatu barang maka tambahkan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor WA atau yang lainnya.

Namun jika untuk melakukan promosi sebuah artikel, hal ini tidak perlu. Anda hanya perlu menambahkan link pada status tersebut dan secara otomatis facebook akan menampilkan informasi pada link tersebut, contohnya seperti gambar dibawah ini...

facebook page


Buat Facebook Page



facebook page

Facebook menyediakan fitur untuk membuat page. Ada banyak jenis page yang disediakan, seperti page untuk berjualan, pembuat video, nirlaba, dll. Tentu dari setiap jenis tersebut mempunyai fungsi yang berbeda.

Mulailah membuat facebook page dan isi informasi mulai dari nama, deskripsi, dan yang lainnya sesuai dengan apa yang ingin Anda promosikan dan mulai undang orang - orang untuk menyukai page Anda.

Namun jangan lupa untuk memperhatikan target audiens pada saat mengundang.

Usahakan dalam satu Fanspage tersebut hanya akan mempromosikan satu hal

Misalnya... 

Dalam fanpage pertama hanya mempromosikan artikel tentang blogging dan di fanspage kedua hanya mempromosikan artikel tentang kesehatan.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan like dari orang yang benar - benar suka terhadap isi fanpage tersebut dan jika orang tersebut suka, maka dia akan terus memantau fanspage nya.


Beriklan di Facebook Ads


facebook ads

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencoba untuk menjadi advertising (pengiklan) di FB Ads.

Facebook Ads adalah fitur yang disediakan oleh facebook sendiri, guna untuk mempromosikan atau mengiklan kan suatu halaman (Fanspage) dengan jangkauan yang berbeda.

Jangkauan berbeda gimana ?

Jadi pada saat Anda beriklan di FB Ads, Anda bisa mengatur siapa yang dapat melihat iklan tersebut. 

Misalnya Anda ingin beriklan di FB Ads dan yang bisa melihat iklan tersebut hanya laki - laki dari Indonesia dengan umur 17 - 24 tahun. Jadi seperti itu yang dimaksud dengan jangkauan yang berbeda

Jadi itulah pembahasan dari Saya mengenai Cara Jitu Melakukan Promosi di Facebook. Sebenarnya, Anda bisa melakukannya bukan hanya di facebook, silahkan Anda promosi di sosial media lainnya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa like Fanspage Kami

Artikel Menarik Lainnya


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel