Mengetahui Arti Lampu Indikator di Modem IndiHome Fiber Optik


IndiHome merupakan salah satu produk dari PT. Telkom Indonesia yang dimana kita bisa berlangganan 3 paket sekaligus atau sering disebut dengan Triple Play, yaitu internet dengan kualitas fiber optik, lalu layanan TV Interaktif seperti UseeTV, dan juga layanan Telepon Rumah.

Dengan menggunakan fiber optik tentu akan menambah kualitas IndiHome. Namun sayangnya belum seluruh wilayah Indonesia tercover fiber optik, masih banyak perkampungan yang belum tercover.

Tetapi jika Anda ingin mencoba untuk berlangganan bisa langsung daftar di MyIndihome atau datang langsung ke plasa telkom terdekat. Jika Anda sudah berlangganan pastinya akan dikasih perangkat ONT (Optik Network Terminal) yang mempunyai macam -macam lampu indikator, dimana setiap lampu tersebut memiliki arti yang berbeda.

Baca Juga : Cara Hide SSID WiFi IndiHome dengan Mudah

Nah pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan informasi mengenai arti dari lampu indikator yang ada di modem fiber optik seperti IndiHome. Hal ini harus diketahui, karena semua masalah bisa diidentifikasi melalui lampu indikator tersebut.

Arti Lampu Indikator di Modem Fiber Optik


Sebelumnya kita harus tahu dulu fungsi dari setiap lampu indikator pada ONT, berikut fungsi - fungsi nya :

1. Indikator Power berfungsi untuk menunjukkan ada nya arus listrik yang masuk ke ONT
2. Indikator PON berfungsi sebagai jaringan yang menghubungkan antara ONT dengan server Telkom
3. Indikator LOS berfungsi menunjukkan bahwa ONT tidak terhubung ke server Telkom
4. Indikator Internet berfungsi sebagai informasi ada tidak adanya transmisi data yang masuk ke ONT
5. Indikator LAN berfungsi sebagai informasi akses jaringan lokal berbasis kabel LAN
6. Indikator WiFi berfungsi sebagai informasi akses jaringan lokal berbasis Nirkabel (Non kabel) atau WiFi
7. Indikator POTS / Tel berfungsi sebagai line telepon yang bisa menghubungkan satu sama lain dengan menggunakan pesawat telepon rumah

Setelah mengetahui dan paham akan fungsi dari setiap indikator di ONT. Tentu akan sangat mudah untuk mengidentifikasi kesalahan apa yang membuat ONT tidak bekerja dengan normal. Berikut kesalahan - kesalahan yang bisa diketahui dari lampu indikator

1. Lampu indikator Power tidak menyala menunjukkan bahwa tidak adanya arus listrik yang masuk ke ONT atau modem telah rusak.

2. Lampu indikator PON menyala atau berkedip - kedip menunjukkan bahwa adanya gangguan pada konfiguasi system yang belum setting konfig dari pusat.

3. Lampu indikator LOS menyala menunjukkan bahwa adanya gangguan di kabel optik atau dari server yang mengakibatkan ONT tidak bisa bekerja normal

Terkait : Cara Mengatasi IndiHome Lampu LOS Merah Kedap - Kedip

4. Lampu indikator Internet tidak menyala menunjukkan bahwa tidak ada transmisi data pada ONT, biasanya hal ini disebabkan karena kesalahan di point 3

5. Lampu indikator LAN tidak menyala menunjukkan bahwa akses lokal dengan menggunakan kabel LAN tidak jalan. Hal ini bisa disebabkan karena modem rusak atau kabel LAN itu sendiri yang rusak. Coba masukkan kabel LAN ke semua slot untuk mengatahui apa yang rusak, jika setelah dimasukkan masih tidak bisa berarti kabel yang rusak.

6. Lampu indikator WiFi tidak menyala menunjukkan bahwa akses lokal berbasis nirkabel tidak bekerja. Untuk mengatasinya coba tekan terlebih dahulu tombol wifi di modem, jika masih tidak menyala bahwa kerusakan ada di modem.

Baca Juga : Batasan Kecepatan Internet Fair Usage Policy (FUP) IndiHome Terbaru

7. Lampu indikator POTS / Tel tidak menyala menunjukkan bahwa system belum melakukan konfigurasi untuk layanan telepon

Jadi itulah arti dari setiap lampu indikator yang ada di modem fiber optik seperti IndiHome. Sekali lagi, ketahuilah arti dari setiap lampu indikator tersebut supaya Anda bisa mengatasi masalah yang ada di ONT.

Namun jika masih bermasalah, Saya sarankan untuk menghubungi 147. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan masuk ke Tips IndiHome Lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel